KONSEP DASAR MEMBUAT PENELITIAN
TINDAKAN KELAS (PTK)
By: arif
Dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru sudah pasti akan berhadapan
dengan berbagai persoalan baik menyangkut peserta didik, subject matter, maupun metode pembelajaran. Sebagai seorang
profesional, guru harus mampu membuat prefessional
judgement yang didasarkan pada data
sekaligus teori yang akurat. Selain itu guru juga harus melakukan peningkatan
mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik
optimal disertai dengan kepuasan yang tinggi.
Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus dibekali dengan kemampuan
meneliti, khususnya Penelitian Tindakan Kelas. Dalam hal ini peran pengawas
sebagai pembina dan pembimbing para guru tentu sangat dibutuhkan. Pengawas
tidak hanya berperan sebagai resources
person atau konsultan, bahkan secara kolaboratif dapat bersama-sama dengan
guru melakukan penelitian tindakan kelas bagi peningkatan pembelajaran.
Dengan latar belakang di atas, maka saya mencoba membuat konsep dasar pembuatan penelitian tindakan kelas , mungkin ini akan sedikit membantu teman-teman
guru.
LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBUATAN PTK
1. Identifikasi Masalah dalam PTK
- kemukakanlah masalah-masalah atau kendala-kendala yang anda hadapi ketika melaksanakan tugas dalam pembelajaran/bimbingan……………………………………………………
- pilihlah salah satu masalah yang menurut anda mendesak!
........………………………………………………………………………….......
- berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera dicarikan pemecahannya!
...........…………………………………………………………………………....
- Faktor-faktor penyebab munculnya masalah yang dirumuskan tersebut!
.......………………………………………………………………………………
- Dapatkanlah satu alternatif pemecahan masalah untuk memecahkan masalah urgent yang anda hadapi tersebut! Alternatif pemecahan masalah itu harus bertolak dari hasil analisis dan didasarkan pada teori tertentu.
..........................................………………………………………………………
2. Kerangka Penelitian
Tindakan
a. Masalah:
……………………………………………………………………………………………………
b. Rencana Tindakan:
Siklus 1:
...............................………………………………………………………………………………
Siklus 2:
………………………………………………………………………………………...................
c. Rincian Tindakan/Langkah-langkah:
……………………………………………………………………………………………………
d. Contoh Format
Observasi:
NO
|
ASPEK YANG DIOBSERVASI
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Usulan PTK
a. Tulislah judul
PTK yang anda usulkan
..........................................………………………………………………………………………… Apakah
judul PTK anda telah mencantumkan hal-hal berikut:
F Tujuan
F Cara menyelesaikan masalah
F Tempat penelitian dilaksanakan
b. Deskripsi
masalah yang anda hadapi
……………………………………………………………………………………………………
Apakah masalah yang
anda deskripsikan telah memuat hal-hal sebagai berikut:
F Apakah deskripsi masalah telah disesuaikan dengan kondisi nyata tentang kendala-kendala yang anda hadapi
sewaktu melaksakan tugas kepengawasan.
F Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu masalah yang
mendesak untuk segera dilaksanakan?
F Apakah deskripsi masalah telah memuat
tentang analisis masalah?
F Apakah deskripsi masalah telah memuat
tentang refleksi awal?
F Bagaimana perumusan masalah?
c. Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang anda ajukan!
..........................…………………………………………………………………………………
Apakah pemecahan masalah yang anda ajukan memenuhi rambu-rambu berikut?
F
Apakah
ada alternatif pemecahan masalah?
F
Apakah
alternatif pemecahan masalah itu didasarkan pada teori tertentu?
F
Apakah
alternatif pemecahan masalah itu bertolak dari hasil analisis?
d. Rumuskan hasil yang diharapkan dari penelitian anda!
Apakah rumusan yang diharapkan dalam penelitian anda telah memuat hal –hal
sebagai berikut:
F
Apakah
rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi
siswa?
F
Apakah
rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi
praktisi (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan lainnya di sekolah)?
e. Kemukakan prosedur tindakan yang anda lakukan
dalam PTK ini!
.................…………………………………………………………………………………………
Apakah dalam deskripsi tentang prosedur tindakan sekolah telah anda
kemukakan hal-hal sebagai berikut:
F
Apakah
ada deskripsi tentang setting dan karakteristik subyek?
F Apakah ada variabel/faktor yang diselidiki?
F Apakah ada rencana tindakan yang mencakup misalnya strategi,
pendekatan, metode atau teknik yang digunakan dalam implementasi tindakan,
observasi, analisis, dan refleksi?
f.
Tulislah lokasi penelitian anda!
……………………………………………………………………………………………………
g.
Tulislah personil tim peneliti
anda!
Semoga .tulisan singkat ini bermanfaat .
Penulis : ARIFUDIN,S.Pd
Tugas :
SDN 4 KENANGA Cirebon