Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 04 September 2012


KONSEP DASAR MEMBUAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
By: arif
Dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru sudah pasti akan berhadapan dengan berbagai persoalan baik menyangkut peserta didik, subject matter, maupun metode pembelajaran. Sebagai seorang profesional, guru harus mampu membuat prefessional judgement  yang didasarkan pada data sekaligus teori yang akurat. Selain itu guru juga harus melakukan peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik optimal disertai dengan kepuasan yang tinggi.
Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus dibekali dengan kemampuan meneliti, khususnya Penelitian Tindakan Kelas. Dalam hal ini peran pengawas sebagai pembina dan pembimbing para guru tentu sangat dibutuhkan. Pengawas tidak hanya berperan sebagai resources person atau konsultan, bahkan secara kolaboratif dapat bersama-sama dengan guru melakukan penelitian tindakan kelas bagi peningkatan pembelajaran.
Dengan latar belakang di atas, maka saya mencoba membuat konsep dasar  pembuatan  penelitian tindakan kelas , mungkin ini akan sedikit membantu teman-teman  guru.

LANGKAH-LANGKAH DALAM PEMBUATAN PTK

1. Identifikasi Masalah dalam PTK
  1. kemukakanlah masalah-masalah atau kendala-kendala yang anda hadapi ketika   melaksanakan tugas  dalam   pembelajaran/bimbingan……………………………………………………

  1. pilihlah salah satu masalah yang menurut anda mendesak!
........………………………………………………………………………….......
  1. berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera dicarikan pemecahannya!
...........…………………………………………………………………………....

  1. Faktor-faktor penyebab munculnya masalah yang dirumuskan tersebut!
.......………………………………………………………………………………
  1. Dapatkanlah satu alternatif pemecahan masalah untuk memecahkan masalah urgent yang anda hadapi tersebut! Alternatif pemecahan masalah itu harus bertolak dari hasil analisis dan didasarkan pada teori tertentu.
..........................................………………………………………………………
2. Kerangka Penelitian Tindakan
a. Masalah:
……………………………………………………………………………………………………

b. Rencana Tindakan:
Siklus 1:
...............................………………………………………………………………………………

Siklus 2:
………………………………………………………………………………………...................

c. Rincian Tindakan/Langkah-langkah:

……………………………………………………………………………………………………


d. Contoh Format Observasi:

NO
ASPEK YANG DIOBSERVASI
SKOR
KETERANGAN
1
2
3
4
5

















































3. Usulan PTK
a. Tulislah judul PTK yang anda usulkan
..........................................………………………………………………………………………… Apakah judul PTK anda telah mencantumkan hal-hal berikut:
F  Tujuan
F  Cara menyelesaikan masalah
F  Tempat penelitian dilaksanakan

b. Deskripsi masalah yang anda hadapi
……………………………………………………………………………………………………
Apakah masalah yang anda deskripsikan telah memuat hal-hal sebagai berikut:
F  Apakah deskripsi masalah telah disesuaikan dengan kondisi nyata     tentang kendala-kendala yang anda hadapi sewaktu melaksakan tugas kepengawasan.
F  Apakah deskripsi masalah telah memuat identifikasi satu masalah yang mendesak untuk segera dilaksanakan?
F  Apakah deskripsi masalah telah memuat  tentang analisis masalah?
F  Apakah deskripsi masalah telah memuat  tentang refleksi awal?
F  Bagaimana perumusan masalah?
c. Deskripsikan tentang cara pemecahan masalah yang anda ajukan!
..........................…………………………………………………………………………………

Apakah pemecahan masalah yang anda ajukan memenuhi rambu-rambu berikut?
F  Apakah ada alternatif pemecahan masalah?
F  Apakah alternatif pemecahan masalah itu didasarkan pada teori tertentu?
F  Apakah alternatif pemecahan masalah itu bertolak dari hasil analisis?
d. Rumuskan hasil yang diharapkan dari penelitian anda!
Apakah rumusan yang diharapkan dalam penelitian anda telah memuat hal –hal sebagai berikut:
F  Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi siswa?
F  Apakah rumusan hasil yang diharapkan telah mengemukakan hasil yang diharapkan bagi praktisi (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan lainnya di sekolah)?
e. Kemukakan prosedur tindakan yang anda lakukan dalam PTK ini!
.................…………………………………………………………………………………………
Apakah dalam deskripsi tentang prosedur tindakan sekolah telah anda kemukakan hal-hal sebagai berikut:
F  Apakah ada deskripsi tentang setting dan karakteristik subyek?
F  Apakah ada variabel/faktor yang diselidiki?
F  Apakah ada rencana tindakan yang mencakup misalnya strategi, pendekatan, metode atau teknik yang digunakan dalam implementasi tindakan, observasi, analisis, dan refleksi?
f.     Tulislah lokasi penelitian anda!
……………………………………………………………………………………………………
g.    Tulislah personil tim peneliti anda!

Semoga .tulisan singkat ini bermanfaat .
Penulis : ARIFUDIN,S.Pd
Tugas   : SDN 4 KENANGA Cirebon